Tujuan Dibangunnya Jalan Raya Anyer Panarukan Adalah Untuk
Jalur ini sebagian besar pertama kali dibuat oleh daendels yang membangun jalan raya pos de grote postweg dari anyer ke panarukan pada tahun 1808 an. De grote postweg adalah jalan yang panjangnya kurang lebih 1000 km yang terbentang sepanjang utara pulau jawa dari anyer sampai panarukandibangun pada masa pemerintahan gubernur jenderal herman willem daendelspada tiap tiap 45 kilometer didirikan pos sebagai tempat perhentian dan penghubung pengiriman surat surat.
Salah satu tindakan yang menyiratkan kekejamannya adalah pembuatan jalan raya pos grote postweg yang membentang dari anyer di ujung barat pulau jawa hingga panarukan di ujung timur pulau jawa sepanjang kurang lebih 1100 km yang memakan ribuan korban jiwa.
Tujuan dibangunnya jalan raya anyer panarukan adalah untuk. Pembangunan jalan daendels dari anyer banten sampai panarukan jawa timur sejauh 1000 km pada tahun 1809 1810 yang bertujuan untuk mempercepat tibanya surat surat yang dikirim antar anyer hingga panarukan atau sebagai jalan pos namun jalan jalan itu dalam perkembangan selanjutnya banyak dipengaruhi kehidupan masyarakat disekitarnya dan telah berubah fungsinya antara lain mejadi jalan. Pram menegaskan bahwa pembangunan jalan anyer panarukan adalah salah satu genosida dalam sejarah kolonialisme di indonesia. Tapi dugaan saya adalah untuk memperlancar transportasi baik untuk angkutan orang maupun barang bagi kepentingan kerajaan belanda dulu. Tujuan pembangunan jalan raya pos adalah untuk mempertahankan pulau jawa dari serbuan inggris. Jalan raya pos bahasa belanda. Di satu pihak pembangunan jalan raya pos itu sangat dipuji tetapi di lain pihak juga dicaci karena mengorbankan banyak nyawa manusia. Dan untuk melakukan tugas itu dirinya berusaha membangun jalan antara anyer sampai dengan panarukan. Memang menelusuri jalan daedels dari titik km nol di anyer hingga 1000 km di panarukan orang sering bingung untuk menentukan rute yang benar apakah melalui serang ataukah melalui lebak beberapa masyarakat yang dihubungi hanya mengenal jalan daendels dari anyer sampai serang. Pembangunan jalan anyer panarukan hingga kini masih menjadi perdebatan. Setelah jalan anyer panarukan selesai daendels mengeluarkan tiga peraturan terkait dengan pengaturan dan pengelolaan jalan raya ini. Jalan anyer panarukan ini juga digunakan belanda untuk menunjang sistem tanam paksa cultuur stelsel yang saat itu sedang diterapkan kolonial belanda dan juga untuk mengubungkan antar keresidenan dan kota kota yang dianggap pentingdengan adanya jalan ini hasil bumi dari priangan lebih mudah dikirim ke pelabuhan.
Peraturan pertama dikeluarkan pada 12 desember 1809 berisi aturan umum pemanfaatan jalan raya pengaturan pos surat dan pengelolaannya penginapan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kereta pos komisaris pos dinas pos dan jalan. Tujuan daendels membangun jalan raya pos dari anyer sampai panarukan. Menurut beberapa sumber sejarah jalur jalan ini melalui garis pantai dari batavia menuju carita caringin menembus gunung pulosari jiput menes pandeglang lebak hingga jasinga bogor. Jalan raya pos awalnya dibangun untuk pertahanan militer belanda pada massa itu. Apa tujuan daendels membangun jalan raya pos dari anyer sampai panarukan.
Inilah pembahasan lengkap terkait tujuan dibangunnya jalan raya anyer panarukan adalah untuk. Admin blog Daftar Tujuan 2019 juga mengumpulkan gambar-gambar lainnya terkait tujuan dibangunnya jalan raya anyer panarukan adalah untuk dibawah ini.
Begitulah informasi yang bisa kami uraikan mengenai tujuan dibangunnya jalan raya anyer panarukan adalah untuk. Terima kasih telah berkunjung ke blog Daftar Tujuan 2019.
Komentar
Posting Komentar